Sabtu, 27 Juli 2013

Belajar Berpuasa

Marhaban Ya Ramadhan...  
Alhamdulilah ketmu lagi dengan bulan ramadhan. Kali ini Vica yang kurang seminggu menginjak 6 tahun ini lagi kepingin mencoba ikutan berpuasa. Setiap kali mau tidur malam selalu berpesan agar nanti pas saur di bangunkan. Alhasil, setiap kali di bangunkan buat saur susah banget. eeaalllaahh, ya udah lanjutkan tidurnya. Tapi begitu Vica bangun pagi, langsung nangis histeris......hhhuuuuuaaaaaawwww.........

Bunda: "loh loh kenapa?bangun tidur kok tiba-tiba nangis..."
Vica: "kok gak di bangunin sih...kan aku pengen puasa....."
Bunda: "loh, kan udah di bangunin tadi, tapi gak mau bangun, malah ditutupi bantal wajahnya...."
Vica: "masak? yang bener.....pasti bo'ong deh....." Aku puasa aja, gpp gak saur!!!
Bunda: "hadeehh...."

Begitulah...., hal itu berlangsung sampai 4 hari. Dan hari puasa ke 5 akhirnya Vica bisa bangun sendiri tanpa di banguni. pinterr hehe.....

Sebelum saur baca dulu niatnya, lalu menu saurnya waktu itu pas sayur asem+lauk ikan goreng tongkol. Tapi sepertinya Vica menyantap makanan saurnya kurang semangat. Agak malas mengunyah apa karena gak terbiasa makan sepagi itu ya....eemm...

Sambil saur, bunda bilang kalau puasa itu tidak cuma nahan rasa lapar dan haus saja. Tapi juga tidak boleh nangis, marah, ngomongin orang, dan bla...bla...bla....lalu Vica nyeletuk, "wah berat donk puasa itu...Bunda: " yang bikin berat itu apa?" Vica: "menangis dan nahan minum. Boleh sikat gigi tidak? kalau menelan ludah gimana bunda?" hehehe....lalu akupun jawab: "boleh, asal air-kumurnya jangan di telan."

Hari itu pas banget dengan pertama kalinya masuk sekolah kelas TK-B. Vica senang sekali (setelah liburan panjang selalu tanya kapan masuk sekolahnya kok lama sekali) masuk dengan semangat dan mulai lupa dengan puasanya. Bukan lupa karena makan, tapi lupa karena tingkahnya makin menjadi setelah bertemu dengan teman-temannya di sekolah, teriak-teriak, mainan glantungan, lari-lari pokoknya menguras enegry-lah. 

Pulang sekolah jam 09.00  karena puasa jadi pulangnya di percepat. Sudah terbiasa begitu sampai di rumah, aku selalu menanyakan di sekolah ngapain aja, dan karena pertama kali masuk di kelas TK-B jadi penasaran sekarang sekelas dengan sapa saja?, gurunya siapa?, main sama siapa?, teman barunya siapa saja?, di kelas diajari apa aja?...., Pertanyaan itu tak lantas segera di jawab oleh Vica, tapi malah heboh ngomongin tentang puasa, kalau di tanya tentang sekolah malah bleng akibat lapar!!! ckckckkck.....

Vica: "bunda, ternyata puasa itu gak enak ya, aku ngelak banget sampai bolak-balik nelan ludah"
Bunda: "hahaha....kan masih puasa pertama, jadi lemas. Lagian tadi di sekolah lari-lari sih, puasa kok makannya lemes hehehe....Ayo, kalau begitu sekarang waktunya buka puasa ya....baca doa dulu sebelum berbuka......

Vica langsung ambil air putih dan makan jajan roti kesukaannya, kemudian baru-lah makan nasi. Aku tanya: besok puasa lagi tidak? Vica: Emmm....puasa gak yaa....lihat besok dah....dan ternyata besoknya apsen gak puasa. Tapi hari berikutnya puasa lagi, malah nantangin mau puasa sampai magrib hehehe....

Begitulah pengalaman pertama Vica belajar berpuasa. Bunda gak pernah memaksa Vica harus berpuasa karena kan masih kecil, masih taraf pembelajaran.


Main game sama Luna (kiri) dan Vica (kanan) sambil nunggu bedug'....*Koleksi foto pribadi.

Sedikit Tips Anak-anak dalam berpuasa:
1. Usahakan saur makan sayur+lauk dalam porsi yang cukup.
2. Minum susu, perbanyak juga buah-buahan yang berair seperti melon, semangka, pepaya...
3. Kurangi aktifitas yang menguras energy / fisik.
4. Cari kesibukan yang ringan supaya waktu terasa cepet berlalu.
5. Usahakan tidur siang.

Nah, masih ada yang mau menambah tips-nya?bagaimana dengan teman-teman? masih berpuasa kan? Selamat Berpuasa.......

Image Hosted by ImageShack.us
Poskan Komentar