Selasa, 10 Juni 2008

Vica Sakit vs Sop jagung

ucch...2 hari Vica sakit, mutah-mutah gak ada makanan sedikitpun yang bisa masuk. Bunda panik ngeliat Vica gak makan sampe 2 hari. cuman bisa minum ASI. Itupun juga muntah. Kayaknya masuk angin neh...Hawa di Malang emang lagi dingin banget. tapi Vica masih aja ketawa-ketawa kayak gak sakit. Priksa ke dokter,
#kata pak Dokter : Lho, kenapa neh...kok kayak gak sakit gini...
(ama dokter di kudang-kudang, Vica malah mangut-mangut gaya tripingan. siapa yang gak ngakak ngliat tingkahnya Vica).
^^Bunda bilang : iya itu dok, ini anak gak keliatan kayak sakit, tapi saya takut aja klo sebenarnya kondisinya drop.
Akhirnya dokter cuman kasik resep obat tetes. Minumnya sebelum makan, emang obat penawar muntah. Pas minum obatnya, pasti Vica susah neh minumnya. Bunda uda siapin madu buat penawar rasa pait. upss....ternnyata Vica suka dengan obatnya. Malah di sedot-sedot....
Setelah minum obat, bunda mulai suapin makan. berbagai makanan kesukaannya udah Bunda siapin. Ada bubur ayam special gurih, telur rebus ayam kampung, soto ayam kampung. Makannya seh lahap, tapi di tengah-tengah.....uuuueeekkk.....byurrrr....!!!! Image Hosted by ImageShack.us

muntah lagi...basah deh baju bunda. hiks....ini udah ganti yang ke tiga kalinya. Bunda sedih....Vica mulai lemes. Bunda buatin minuman oralit alami (air putih campuran gula+garam yodium). Bunda dan ayah tambah bingung liat Vica diam lemes sekali. takut deidrasi....yang lebih kaget lagi, pas bunda mulai nyusui, belum ada 5 menit Vica tiba-tiba terpejam lemes dipangkuan. Nah loh, napa ini...?ini tidur apa pingsan seh....bunda tepuk-tepuk pipinya, bunda baukin ama minyak telon....tapi Vica gak ada reaksi. Bunda tidurin ajah di tempat tidur....eeee...tangannya gerak dikit. uuuhhh....lega ternyata tidur toh.... Image Hosted by ImageShack.us


Gak lama kemudian terbangun lagi. Trus bawa ajah ke RS. Takut kenapa-napa. Sambil bawa bekal makanan Vica, sapa tau di RS bisa makan. sampainya di RS untungnya sepi....tinggal nunggu dokternya, katanya barusan pulang. Katadokter ini kondisi Vica masih stabil. tanda-tanda deidrasi kata dokter jika anaknya gak kuat nangis dan gak keluar air mata, ubun-ubunnya keliatan cekung, matanya sayu dan lemes. Kalo nanti siang tetep gak bisa makan langsung aja di opname. DUH..mOga-mogA jangan sampe opname, kasian di suntik sana-sini.
Sampe di rumah, bunda mikir, makanan apa ya biar Vica gak muntah.....Akhirnya muncullah ide kreatif ala bunda. Mulai masak dengan resep sejuta cinta buat Vica.

Masak sop jagung kuah putih. Wortel+kentang di iris dadu, ayam direbus dan diris dadu, Jagung manis dicacah lembut, daun bawang di iris tipis-tipis, 2 siung bawang putih di keprak lalu di kecek.Caranya, tumis bawang putih+daun bawang, taburi garam, mrica. Masukan ceker+ayam dadu+kaldu ayam rebusan tadi, terakir masukan semua aneka sayurannya tadi. Di masak sampe empuk semua. Nah setelah udah jadi, masukin santan kental (1 gelas kecil). eemmm......bauknya gurih........wih enak juga neh di makan anget-anget............bunda+ayah juga ikutan makan biar Vica semangat makannya.Image Hosted by ImageShack.us
Abis makan Vica trus kentut...........tttuuuuuwweeetttttt....hihihiiiii.........bauk!!!.....lega deh....akhiernya uda gak muntah lagi....berkat sop ceker kuah putih ala bunda.
***Santannya bisa juga diganti dengan susu cair loh.....+++*** coba aja, bagi yang belum pernah coba, pasti rasanya rada aneh. tapi lama-laa enak kok....buat Variasi....

Image Hosted by ImageShack.us

Posting Komentar